Tuesday, July 28, 2015

LAPORAN RAPAT ANGGOTA TAHUNAN KOPERASI KARYAWAN RSUD GUNUNG JATI PRIMA HUSADA

Ahmad Jalaluddin Rabbany     6:35 PM    

                                  LAPORAN RAPAT ANGGOTA TAHUNAN
KOPERASI KARYAWAN RSUD GUNUNG JATI PRIMA HUSADA
TAHUN BUKU 2009
 



A.  PENDAHULUAN
Sesuai dengan Anggaran Dasar Koperasi Karyawan Prima Husada pada Bab VI Pasal 13 – 19 dan  Bab VII pasal 24 dan Hasil Rapat Anggota Tahunan Koperasi Karyawan RSUD Gunung Jati Prima Husada pada Rapat Anggota Tahunan Pengurus Koperasi Periode 2007 – 2009 tanggal 24 Maret 2008, maka Pengurus Koperasi Karyawan RSUD Gunung Jati Prima Husada Periode 2007 – 2009 menyampaikan Laporan RAT Tahun Buku 2009 dan sekaligus laporan pertanggungjawaban akhir periodisasi kepengurusan.
Koperasi Prima Husada Tahun Buku 2009 dalam melaksanakan Program Kerjanya dan langkah-langkah yeng telah dilakukan dalam melaksanakan  amanat Rapat Anggota Koperasi Karyawan RSUD Gunung Jati Prima Husada tetap difokuskan pada Pembenahan / peningkatan Sistim Manajemen, Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Pengembangan Sumber  Daya Usaha.
Pada tahun terakhir periodisasi kepengurusan ini, pengurus koperasi Prima Husada periode 2007 – 2009  terus meningkatkan sistim pelayanan kepada anggota dan sistim kontroling guna mewujudkan koperasi yang transparan, akuntabel dan efisien dengan mewujudkan Sistim Informasi Manajemen berbasis ICT (Information & Communication Technology), tetap menciptakan Manajemen Silaturahim dengan membangun komunikasi efektif baik internal maupun eksternal.
Sistim Keuangan dilakukan pengontrolan secara ketat dan akuntabel, serta ketentuan – ketentuan penggunaan anggaran disesuaikan dengan usulan serta pertanggung jawaban.
Pengembangan Sumber Daya Manusia dilakukan dengan konsep Learning Organization yang merupakan implementasi kompetensi. Pengembangan SDM dengan terus melakukan peningkatkan edukasi perkoperasian baik untuk karyawan maupun anggota.
Pengembangan Sumber Daya Usaha yaitu meningkatkan pelayanan dengan ketersediaan kebutuhan yang diupayakan secara optimal. Unit Usaha Toko baik kebutuhan sembako maupun konsumtif rumah tangga lainnya diupayakan ketersediaan barang terpenuhi secara teratur. Pelayanan Kantin dengan memberikan Pelayanan konsumsi yang higinis, dan murah. Pelayanan kios tetap dipertahankan dan ditingkatkan.
Unit Usaha Khusus merupakan usaha di bidang Farmasi dan Alat-alat kesehatan, serta Rekanan / Mitra Usaha yang dikelola secara khusus. Unit Usaha Apotik Jati Farma sudah menggunakan Sistim Informasi Manajemen. Unit Usaha Rekanan / Mitra Usaha merupakan bagian dari kerjasama dengan RSUD Gunung Jati dalam bersama-sama memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Pada tanggal 30 Desember 2009, Koperasi Prima Husada telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) pengelolaan parkir di lingkungan RSUD Gunung Jati dengan CV. ADIAS sebagai pengelola parkir yang di saksikan oleh Direktur RSUD Gunung Jati sekaligus pembina koperasi Prima Husada dan jajarannya untuk masa waktu 36 bulan. Hal ini sebagai wujud kepercayaan RSUD Gunung Jati kepada Koperasi Prima Husada untuk mengelola perparkiran di lingkungan RSUD Gunung Jati agar lebih tertib, tertata serta turut memberikan kenyamanan kepada pelanggan RSUD Gunung Jati.
Pada kesempatan yang sama juga telah di tanda tangani Memorandum of Understanding (MoU) antara RSUD Gunung Jati dan Koperasi Prima Husada tentang pemanfaatan lahan untuk koperasi Prima Husada, sekaligus juga kesepakatan akan kewajiban Koperasi Prima Husada kepada RSUD Gunung Jati, dan telah disepakati kewajiban kontribusi Koperasi Prima Husada ke RSUD Gunung jati sebesar 2,5 % dari Sisa Hasil Usaha sebagai acuan norma yang di bagi 12 bulan untuk di setorkan ke kas RSUD Gunung Jati setiap bulannya.
Sistim Kinerja Koperasi Prima Husada dengan pendekatan Indeks Prestasi Kerja sebagai evaluasi kinerja Karyawan Koperasi maupun Karyawan Apotik Jati Farma, serta mengimplementasikan Standar Operasional Prosedural ( SOP ) yang ada.











B.  PROGRAM KERJA
 I. Organisasi dan Profil Anggota
    1.  Organisasi
         A. Struktur Organisasi
         B. Susunan Pengurus 
             1. Ketua Pengurus      : Dr. H. Suhendiwijaya, SpJP
             2. Wakil Ketua I        : Sri Suwartini, SKM, MA
             3. Wakil Ketua II       : H. Juju Warjukni, SKM
             4. Sekretaris               : Drs. H. M. Utsmani
             5. Bendahara              : Dr. Eddy Supriady, SpPA
         C. Karyawan
             ► Karyawan Sekretariat Koperasi Prima Husada
                 1. Nurul Alfah                    : Staf Sekretariat dan Buku Kas
                 2. Nana Dewi S                  : Juru Bayar dan Staf Sekretariat
                 3. Lia Marini, Amd            : Kasir Penerima dan Staf SP
                 4. Beni Rusmawanto          : Staf Foto Copy
                 5. Samsudin                       : Staf Toko
                 6. Slamet Gunawan            : Staf Toko
                 7. Sri Agung Priliani SAP  : Staf Unit Pinjaman
                 8. A s t a w i                       : Bagian Potongan Gaji
                 9. T a r m a n                      : Staf Umum
              ► Karyawan Apotik Jati Farma
                 1. Eli Sofawati, MSi, Apt              : Apoteker Pengelola Apotik (APA)
                 2. Sri Mulyati                                 : Staf Administrasi dan Bendahara
                 3. Melda R Hutasoid                     : Asisten Apoteker
                 4. Nur Khasanah                            : Asisten Apoteker
                 5. Upay Supartini                           : Asisten Apoteker
                 6. Ajeng Tresna Nurlaily                : Asisten Apoteker
                 7. Enung Nurhayati                        : Staf Umum
                 8. Agus Ismaya                              : Staf Umum
     2. Profil  Anggota
          ◘ Anggota per 31 Desember 2009        =  789  Orang
          ◘ Anggota Aktif                                   =  743  Orang
          ◘ Anggota Tidak Aktif                         =    11  Orang
          ◘ Anggota Masuk / Baru                      =    30  Orang
          ◘ Anggota Keluar                                =    21  Orang
          ◘ Berdasarkan Jenis Pekerjaan :
              ● PNS                                               =  751  Orang
              ● Honorer / TKK                              =    38  Orang
          ◘ Berdasarkan Jenis Kelamin :
             ● Laki – laki                                       =  334  Orang
             ● Perempuan                                      =  455  Orang
     II.  Administrasi dan Usaha
    Sistim Pembukuan dengan menggunakan Akutansi Koperasi berbasis Tehnologi  
    Informasi yang dilaksanakan oleh Juru Buku dan Kasir.
          Buku yang dimiliki dalam mengelola Administrasi Organisasi dan Usaha :
          a. Buku Administrasi Organisasi : 16 macam
          b. Buku Administrasi Usaha :
              - Buku Kas Kasir
              - Buku Kas Harian
              - Buku Rekap Kas Harian
              - Buku Jurnal Penerimaan dan Pengeluaran Kas
              - Buku Besar
              - Buku Bantu Operasional : Bukti Penerimaan Kas, Bukti Pengeluaran Kas,
                                                          Buku Penjualan, Buku Pembelian, Buku Daftar Sisa 
                                                          Piutang, Buku Daftar Simpanan, dll.
 III. Permodalan
      Permodalan Koperasi Karyawan RSUD Gunung Jati bersumber dari :
      1. Simpanan Anggota : - Simpanan Pokok
                                            - Simpanan Wajib
                                            - Simpanan Wajib Khusus
                                            - Simpanan Manasuka
                                            - Simpanan Dana Sosial
      2. Penyisihan SHU                                                
      3. Mitra Usaha           : Perbankan, Rekanan
Tabel 1: Kewajiban Jangka Pendek


I. Kewajiban Jangka Pendek
31 Desember 2007
31 Desember 2008
Perkembangan
( % )




1. Simpanan Manasuka
179,700,302.00
193,142,533.00
7.48
2. Hutang Dagang
40,927,574.00
51,231,602.00
25.18
3. Dana - dana SHU
88,786,580.00
109,878,189.93
23.76
4. Kewajiban dan modal Apotik
182,866,346.00
-
-100.00
5. Kewajiban Lainnya
6,730,164.00
-
-100.00




J U M L A H
499,010,966.00
354,252,324.93
-29.01


Text Box: Tabel 2 : Kewjiban Jangka Panjang
II. Kewajiban Jangka  
    Panjang
31 Desember 2007
31 Desember 2008
Perkembangan
( % )
a. Internal



1. Simpanan Pokok
19,320,000.00
          19,360,000.00
0.21
2. Simpanan Wajib
332,895,180.00
        417,439,680.00
25.40
3. Simpanan Wajib Khusus
12,652,300.00
          11,744,500.00
-7.17
4. Cadangan
212,901,773.00
        220,418,573.80
3.53
5. S H U
247,091,090.00
        436,887,038.00
76.81




b. Eksternal



1. Bank Niaga
46,017,965.00
                             -  

2. Bank BNI 46
1,272,222,215.00
        772,222,199.00





J U M L A H
2,143,100,523.00
1,878,071,990.80
-12.37
T O T A L   I  +  II
2,642,111,489.00
2,232,324,315.73
-15.51
IV. Bidang Usaha
     1. Unit Simpan Pinjam
 Unit Simpan Pinjam, terutama Pinjaman merupakan unit usaha yang masih menjadi  
 kebutuhan utama anggota, yang setiap bulannya terus terjadi peningkatan.  
 Sumber permodalan Unit Simpan Pinjam dalam tahun 2009 ini berasal dari Dana  
 Internal Koperasi dan pihak ke 3. Sampai 31 Desember 2009 jumlah anggota  
 Koperasi Prima Husada yang telah memanfaatkan pinjaman sebanyak 711 orang.
 Kerja sama dengan Bank Niaga sudah dapat diselesaikan dengan baik pada tahun pertama kepengurusan. Kerja sama dengan Bank BNI ‘46 Cirebon sudah berjalan 30 bulan dari 36 bulan masa pinjaman, dan selama ini kewajiban koperasi Prima Husada kepada Bank BNI ’46 tidak mengalami keterlambatan dalam kewajibann membayar angsuran. 
Sistim pengawasan simpan pinjam terus di tingkatkan.
Tabel 3 : Profil Unit Simpan Pinjam


Simpan - Pinjam
31 Desember 2007
31 Desember 2008
Perkembangan
( % )




1. Simpanan Anggota
544,567,782.00
641,686,713.00
17.83
2. Pemberian Pinjaman
2,642,914,595.00
2,317,857,988.00
-12.30
3. Pendapatan Jasa
228,166,702.00
463,879,428.00
103.31




  
2. Unit Toko
    Unit Usaha Toko menyediakan kebutuhan rumah tangga (kebutuhan sehar-hari)  
    dan kebutuhan lainnya baik untuk anggota Koperasi Prima Husada maupun non 
    anggota seperti karyawan RSGJ non anggota koperasi Prima Husada dan  
    pengunjung RSUD Gunung Jati.
    Untuk melihat perkembangan Unit Usaha Toko pada Tahun Buku 2009 dapat  
    dilihat  pada Tabel 4 dan 5.

Tabel 4 : Profil Penjualan Unit Toko


Penjualan
31 Desember 2007
31 Desember 2008
Perkembangan
( % )




1. Anggota Koperasi
459,936,795.00
628,764,040.00
36.71
2. Non Anggota Koperasi
126,754,796.00
68,339,240.00
-46.09




J U M L A H
586,691,591.00
697,103,280.00
18.82

Tabel 5 : Cashflow Unit Toko


Unit Toko
31 Desember 2007
31 Desember 2008
Perkembangan
( % )




1. Total Penjualan
586,691,591.00
697,103,280.00
18.82
2. Laba Kotor
73,910,334.00
84,903,807.00
14.87





3. Unit Usaha Kemitraan
     Unit Jasa Kemitraan ini merupakan unit-unit usaha di bidang jasa dan barang yang  
     dikelola oleh Koperasi Prima Husada, baik melalui kerjasama dengan pihak RSUD  
     Gunung Jati maupun dengan pihak lain atau pihak ke III.
     Unit Jasa Kemitraan ini mencakup : Kontrak Kios dan Kantin, Foto Copy, Counter 
     HP, Counter Minuman Tong Jie, Pekerjaan Renovasi dan Pengadaan Sanitair &
     Listrik RSUD Gunung Jati.  
     Pada bulan Agustus Koperasi Prima Husada juga telah menyewakan 1 (satu) kios 
     untuk pelayanan foto copy oleh pihak ke 3. Hal ini dilakukan karena dari usaha foto  
     copy yang dimiliki Koperasi Prima Husada kurang memberikan kontribusi karena  
     biaya perawatan mesin foto copy yang cukup tinggi karena sering mengalami
     kerusakan oleh karena mesin foto copy yang di gunakan untuk keperluan office
     bukan untuk bisnis, serta tenaga pengelola yang tidak sesuai dengan keahliannya.
     Untuk melihat perkembangan Unit Usaha Kemitraan tahun buku 2009 dapat dilihat  
     pada Tabel 6.
Tabel 6 : Jasa Kemitrausahaan


J a s a
31 Desember 2007
31 Desember 2008
Perkembangan
( % )




1. Kontrak Kios
24,825,000.00
26,375,000.00
6.24
2. Foto Copy
22,690,400.00
12,818,800.00
-43.51
3. Kantin Prima Husada
13,750,000.00
19,650,000.00
42.91
4. Unit Rekanan
11,024,714.00
22,435,688.00
103.50
5. Sewa Counter HP
750,000.00
2,400,000.00
220.00
6. Sewa Teh Tong Tji
14,199,900.00
30,520,200.00
114.93
7. Kelebihan Premi
578,711.00
166,500.00
-71.23




J U M L A H
87,818,725.00
114,366,188.00
30.23

 4. Apotik Jati Farma
      Apotik Jati Farma merupakan salah satu Unit Usaha Padat Modal Koperasi  Prima  
      Husada yang pada periodisasi ini sudah lebih efektif lagi dan sudah mandiri.  
      Apotik Jati Farma di dipimpin oleh seorang Apoteker sebagai Penanggung Jawab  
      Pelaksana Harian ( Apoteker Pengelola Apotik ) dan diberikan hak pengelolaan  
      khusus terutama dalam Manajemen Keuangan dan Manajemen Logistik.
      Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Apotik Jati Farma masih dalam satu  
      pengelolaan dengan Koperasi Prima Husada, namun jasa untuk SDM di Apotik 
      Jati Farma bersumber pada Anggaran Belanja Apotik Jati Farma.
      Dalam Operasionalnya, Pengelola Apotik Jati Farma mempunyai kewajiban
      memberikan Laporan Bulanan dan Laporan Perkembangan Tahunan sebagai 
      Akuntabilitas Kinerja Apotik Jati Farma yang merupakan penjabaran dari  MoU   
      dan Petunjuk Pelaksanaan Pengelolaan Apotik Jati Farma Koperasi Prima Husada,
      dan Laporan Kinerja Apotik Jati Farma dibuat secara terpisah dari Pembukuan  
      Koperasi Prima Husada.
      Pelayanan yang diberikan ialah Layanan Farmasi pasien Umum, pasien jamkesmas,  
      Pasien Rawat Inap serta Karyawan RSUD Gunung Jati, serta layanan Alat  
      kesehatan ( Alkes ).
   Bagi Anggota Koperasi Prima Husada yang melakukan transaksi di Apotik Jati Farma mendapatkan Diskon Khusus.
      Tabel  7.  memperlihatkan Laporan Kinerja Keuangan Tahun Buku 2009 Apotik
      Jati Farma yang ditampilkan secara garis besar dan laporan rincinya dapat dilihat  
      pada lembar lampiran Laporan Perkembangan Apotik Jati Farma.
Tabel 7 :  Laporan Perkembangan Keuangan Apotik Jati Farma

Uraian
31 Desember 2007
31 Desember 2008
Perkembangan
( % )




1. Investasi Awal
63,891,310.00
53,891,310.00
-15.65
2. Pendapatan Usaha
984,930,872.00
1,016,989,278.00
3.25
3. Pengeluaran Biaya
167,984,924.00
218,463,444.00
30.05
4. SHU Apotik
88,983,620.00
61,603,211.00
-30.77
5. Dana Cadangan Apotik
76,957,465.00
117,000,094.00
52.03
6. Kontribusi SHU ke Kop
31,144,267.00
21,561,124.00
-30.77





V.  Bidang keuangan
      Bidang Keuangan telah berusaha melakukan Efisiensi, Transparansi, dan Akuntabilitas.
      Bidang Keuangan telah membuat Jurnal Harian dan Bulanan serta Neraca Keuangan
      yang disesuaikan dengan Akutansi Umum Perkoperasian.
      Untuk melihat Laporan Bidang Keuangan secara Umum dapat dilihat pada tabel 8. dan Neraca Keuangan dan Perhitungan Hasil usaha Tahun Buku 2009.
Tabel 8 : Laporan Perkembangan Keuangan Koperasi Prima Husada

Uraian
31 Desember 2007
31 Desember 2008
Perkembangan
( % )




1. Pendapatan Usaha
435,430,794.00
1,322,274,033.00
203.67
2. Pengeluaran Biaya
188,339,704.00
885,386,995.00
370.10
3. S H U
247,091,090.00
436,887,038.00
76.81
4. Outstanding SP
1,678,387,401.00
1,473,345,302.00
-12.22





C.  PERMASALAHAN DAN UPAYA PEMECAHAN MASALAH
Objek
Permasalahan
Pemecahan Masalah
Keterangan
1. Sekretariat
Sarana penyimpanan arsip
Penyediaan Lemari Arsip

2. Keuangan
a. Sistim Pembukuan
a. Sistim Informasi Tehnologi

3. Unit Simpan
    Pinjam
a. Besar / jumlah pinjaman
    belum bisa sesuai 
    permohonan anggota



b. Kredit Macet

c. Tidak ada uang Adm 
    & provisi  
a.   Usulan untuk disesuaikan 
dengan kemampuan keuangan koperasi dan kondisi daftar gaji pemohon dengan jangka waktu maksmal 24 bulan
b. Teguran via surat > 3 kali

c. Diusulkan minimal ada 
    biaya administrasi






c. Masih
    diabaikan
4. Unit Toko
a. Belum ada daftar
    harga dan stok barang
b. Sistim Penataan
c. Gudang Logistik
d. Pembayaran Macet dan 
    over limit belanja

e. Barang Kadaluarsa
a. Sudah dalam proses
    dengan menggunakan TI
b. Renovasi Rak
c. Sudah diupayakan
d. Pengawasan eksisting 
    Gaji atau JP dan
    pembatasan cashbon toko
e. Monitoring Exp. Date dan
    penghangusan barang

5. Unit Usaha 
    Kemitraan
a. Foto Copy :
    - sering rusak
    - Tenaga kurang
b. Perparkiran

c. Kantin Prima Husada :
    - Piutang Rekanan Restu 
      sebesar Rp. 3.500.000,-
d. Kios bagian barat

e. Rekanan
    - Permodalan 
      Pemeliharaan Sarpras,
      sanitair dan listrik RSGJ  
a. Pihak ke 3


b.   Dalam persiapan 
     pelaksanaan
c.
 - Dalam penyelesaian 
   dengan teguran surat
d. Rencana renovasi

e.
 - Disesuaikan dengan 
   kemampuan dana





c.  ± 1 tahun
6. Apotik Jati 
    Farma
a. Pelayanan Pasien Umum 
    Rajal dan Ranap belum 
    Maksimal
b. Pembayaran Askeskin

a. Jemput bola dan reward
     ruangan

b. Meningkatkan Koordinasi
    dengan Pihak RSGJ


D. RENCANA KERJA TAHUN BUKU 2010  
Perspektif
Objektif
Target
Inisiatif
1. Pengurus,
    Karyawan  dan  
    Pengawas serta  
    Anggota
- Meningkatkan hubungan tata kerja

- Meningkatkan Kepuasan Pelayanan

- Meningkatkan Pengetahuan Koperasi
100 %

90 %

75 %
Kontroling +
Komunikasi
Layanan Cepat dan
Ramah
Pelatihan
2. Kesekretariatan
a. Penyediaan Lemari Arsip
100 %
Pengadaan
3. Keuangan
a. Meningkatkan pendapatan
b. Meningkatkan SHU
75 %
40 %
Jurnal harian
Optimalisasi layanan
4. Unit Simpan 
    Pinjam
c. Uang Administrasi pinjaman
d. Simpanan / Deposito Anggota
e. Peningkatan kerjasama dengan pihak
    ke 3 untuk meningkatkan modal
100 %
40 %

75 %
Layanan Cepat
Sosialisasi

Komunikasi
5. Unit Toko, Kios
    dan Kantin
a. Pembuatan Cash register dan daftar 
    stok barang secara koputerisasi
b. Rehabilitasi Rak Barang
c. Pengadaan Meja Transaksi
d. Penyesuaian harga secara kompetitif
e. Peningkatan Penjualan & Pendapatan


100 %
90 %
90 %
90 %
75 %


Kontroling
Layanan Aman & Cepat
Layanan Aman & Cepat
Kontroling
Layanan Cepat dan
Ramah
6. Unit Usaha 
   Kemitraan
a. Peningkatan usaha foto copy dengan 
    melibatkan pihak ke 3
b. Peningkatan pendapatan dari Kantin 
    dan Kios
c. Outsourcing Lahan Parkir
d. Meningkatkan kerjasama dengan 
    RSGJ dalam hal rehab ruang,
    kebutuhan sanitair dan listrik

95 %

75 %
100 %

65 %

Layanan Cepat

Fasilitas
Koordinasi

Koordinasi
7. Apotik Jati 
    Farma
a. Meningkatkan Pendapatan
b. Meningkatkan Return modal awal 
    Koperasi PH
c. Meningkatkan Kontribusi SHU 
    Koperasi PH
75 %

50 %

50 %
Layanan Cepat dan
Ramah

Kontroling

Kontroling

F.  P E N U T U P
Demikian Laporan RAT Tahun Buku 2009 Pengurus  Koperasi Karyawan RSUD Gunung Jati Prima Husada Periode Tahun 2007 – 2009 yang dapat kami laporkan pada seluruh Anggota Koperasi Karyawan RSUD Gunung Jati Prima Husada, semoga Laporan RAT Tahun Buku 2009 ini dapat dijadikan bahan perbaikan demi kemajuan dan kesejahteraan anggota Koperasi Karyawan RSUD Gunung Jati Prima Husada, untuk  itu sumbangan pemikiran yang konstruktif dari seluruh stakeholder sangat kami  harapkan.
Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya,

Cirebon,          Maret 2010.

KOPERASI KARYAWAN RSUD GUNUNG JATI PRIMA HUSADA
PERIODE 2007  -  2009
Pengurus,



Dr. H. Suhendiwijaya, SpJP                                                                        Drs. H.M. Utsmani Hs
                  Ketua                                                                                         Sekretaris






Sri Suwartini, SKM., MA          H. Juju Warjukni, SKM           Dr. Eddy Supriady, SpPA
       Wakil Ketua I                             Wakil Ketua II                               Bendahara



M e n g e t a h u i
Badan Pengawas





M a r t a, SE

Ketua

0 komentar :

Translate

Instagram

Instagram
© 2011-2014 AJR. Designed by Bloggertheme9. Powered by Blogger.