Thursday, May 28, 2015

Tips Mendapatkan Keagungan Sholat

Ahmad Jalaluddin Rabbany     7:24 PM    

Tips Mendapatkan Keagungan Sholat

Oleh : Drs.HM.’Utsmani Hs,MHI.

( Sekretaris Umum At-Taqwa Centre Kota Cirebon )



Shalat adalah perbuatan yang paling mulia dan kewajiban yang paling wajib setelah iman kepada Allah dan Rasul-Nya. Karena itu, pada hari kiamat shalat akan dihisab (dimintai pertanggung jawaban) pertama kali oleh Allah ta`ala sebelum kewajiban - kewajiban yang lainnya. Apabila shalatnya baik, maka dia akan mendapat keuntungan, dan apabila shalatnya rusak maka dia akan merugi. Rasulullah shallallahu`alaihi wasallam bersabda:

"Ibadah yang pertama kali ditanya kepada manusia adalah shalat dan kejahatan yang pertama kali akan diauili adalah darah (pembubuhan)

Shalat adalah ibadah yang sangat agung, barang siapa yang melaksanakanya dengan sempurna maka ia akan mendapatkan pahala yang sangat besar, Allah akan memasukkannya kedalam surga, mellimpahkan pengampunan, rahmat, keberkaahan dan derajat yang sangat tinggi kepadanya. Rasulullah -shallallahu`alaihi wasallam bersabda:

"Allah telah mewajibkan 5 shalat terhadap para hamba-Nya, barang siapa yang melaksanakanya dengan sempurna maka Allah berjanji kepadnya untruk memasukkanya kedalam surga dan barang siapa yang tidak mau melaksanaknya maka Allah tidak berjanji kepadanya untuk memasukkanya ke dalam surga, apabila Allah berkehendak mengazab maka Ia akan mengazabnya dan jika Ia berkehendak memasukkanya ke dalam surga maka Ia memasukkanya ke dalam surg" (H.R Ahmad)
Rasulullah -shallallahu`alaihi wasallam- Juga bersabda:

"Tidakkah kalian berpendapat, apabila ada sebuah sungai di depan seorang kalian, sehingga dia dapat mandi darinya setiap hari lima kali, apakah masih ada sedikit kotoran padanya? Mereka menjawab: tidak ada sedikitpun kotoran  yang tersisa. Rasulullah bersabda:  Itu adalah seperti shalat lima waktu, dengannya Allah menghapus doa-dosa (kecil)(H.R al Bukhari dan Muslim)"

Sholat adalah syariat dalam Islam yang paling Agung, Istimewa dan sangat dasyat cara pentasyiaanya dan memberikan garansi kepada pelakunya akan  mendapatkan kebahagiaan dunia akherat, agar kita kaum muslimin mendapatkan  keagungan dari syariat sholat maka perhatikan  hal-hal sebagai berikut :

a.      Sebelum Shalat, yakinkan bahwa Allah melihat Shalatmu , Fokuskan dirimu hanya untuk Allah ketika shalat, dari takbir hingga salam.

b.      Perbaiki penampilanmu sebelum melakukan Shalat, dan ingatlah, bahwa anda sedang menghadap Allah.

c.       Anggap ini adalah Shalatmu yang terakhir

d.      Berdzikir kepada Allah setelah Shalat.
Barangsiapa sesudah shalat (fardhu) mengucapkan zikir "Subhanallah" (Maha Suci Allah) 33 kali dan "Alhamdulillah" (Segala puji bagi Allah) 33 kali dan "Allahu Akbar" (Allah Maha Besar) 33 kali lalu digenapkan yang keseratusnya dengan (membaca):"Laailaaha illallah wahdahu la syariika lahu, lahulmulku walahul hamdu wa huwa 'alaa kulli syai'in Qodir" (Tidak ada Tuhan kecuali Allah yang Maha Esa yang tidak ada sekutu bagi-Nya, bagi-Nyalah segala kekuasaan dan pujian. Dan Dia atas segala sesuatu Maha Kuasa), maka akan terampuni dosa-dosanya (walaupun) sebanyak buih di lautan. (HR. Muslim).
e.       Perbanyaklah sujud kepada Allah, sesungguhnya bila sujud sekali Allah akan mengangkatmu satu derajat dan menghapus satu dosamu. (HR. Muslim)
f.        Ikhlash, Ikhlas dalam shalat artinya menjalankan shalat hanya semata-mata karena Allah (untuk mencari ridha Allah -pahala dan surga allah- atau untuk menjalankan kewajiban dari Allah), bukan karena manusia ( untuk mencari pujian, penghormatan, kemasyhuran dari manusia).
g.      Makanan, Pakaian dan Tempat Shalat mesti HALAL
Kesempurnaan shalat seseorang juga ditentukan oleh makanan yang ada di dalam perutnya ketika shalat, serta pakaian dan tempat yang digunakan untuk melaksanakan shalat, seluruhnya harus berasal dari rizki yang halal. Seseorang yang menjalankan shalat, sedangkan didalam perutnya masih ada makanan yang haram (misalnya hasil riba, curian, atau korupsi), maka shalatnya tidak akan diterima oleh Allah. Demikian juga seseorang yang menjalankan shalat dengan menggunakan pakaian yang haram atau ditempat yang ia ghasab (diambil dengan batil dari orang lain), maka shalatnya tidak membuahkan pahala dari Allah ta`ala.
Dengan demikian, sangat penting bagi setiap muslim untuk mencari rizki yang halal. KArena makanan yang haram selain dapat menghilangkan pahala shalat, makanan yang haram juga dapat merubah hati seseorang menjadi hitam dan keras, sehingga sulit untuk menerima hidayah, taufik, nasehat serta kebaikan. Karenanya, Rasulullah -shallallahu`alaihi wasallam- bersabda:
"Setiap daging yang tumbuh dari makanan yang haram maka neraka lebih baik bagi dia" (H.R al Baihaqi)
h. Khusyu, Setidaknya ada dua cara yang dapat dilakukan untuk menghadirkan kekhusyu`an dalam hati, yaitu :
1. Menghayati makna bacaan yang sedang dibaca, karena seluruh bacaan yang ada di dalam  shalat baik berupa ayat-ayat al qur`an maupun do`a-do`a mengandung makna cinta, takut, pengagungan dan ketundukan kepada Allah ta`ala.
2. Menanamkan keyakinan dalam hati  sesaat sebelum memulai shalat, bahwa shalat yang akan dikerjakan adalah shalat yang terakhir dan dia akan mati setelahnya. Dengan begitu  diharapkan akan muncul perasaan takut yang mendalam kepada adzab  Allah ta`ala di akhirat, dan harapan yang tulus terhadap ampunan Allah ta`ala.
i.   Lakukan diawal waktu dan tepat waktu. Rasulullah menjelaskan bahwa amalan yang baik diantaranya adalah sholat diawal waktu.
j.   Lakukan di tempat yang terbaik. Tempat yang paling mulia adalah Masjid apalagi untuk melakukan kemuliaan seperti sholat.
k.  Lakukan dengan Berjama’ah,Sholat berjamaah itu lebih baik daripada sholat sendirian dengan selisih 27 derajat kebaikan.
l.   Tambahkan dengan sholat sunnah. Amalan sunnah termasuh Sholat sunnah berfungsi untuk menyempurnakan amalan wajib.
m. Lakukan dengan tepat cara yang sudah di contohkan oleh Rasulillah.Sholatlah kalian sebagaimana kalaian melihat aku  sholat.

      Demikian hal-hal yang perlu kita perhatikan dalam  mndirikan sholat agar mendapatkan keagungan-keagungan yang dimiliki sholat. Amin semoga bisa terus berlatih.

0 komentar :

Translate

Instagram

Instagram
© 2011-2014 AJR. Designed by Bloggertheme9. Powered by Blogger.