Wednesday, May 27, 2015

Makna Surga Di Telapak Kaki Ibu

Ahmad Jalaluddin Rabbany     5:54 PM    

Makna Surga Di Telapak Kaki Ibu
Oleh: Ina Ekawati
Kelas: XI IPA 2

Assalamualaikum wr.wb.
Alhamdulillahhirobbila’laminwabihinasyta’inwaalaummuriddunnyawaddinwassolatuwassalamualaasrofilanbiyaiwalmursalinwaalaalihiwasohbihiajmain amma ba’du
Segala puji bagi Allah SWT yang maha mengetahui dan maha melihat hamba-hambanya. Maha suci Allah SWT dialah yang menciptakan bintang-bintang di langit dan dijadikannya padanya penerang dan bulan yang bercahaya

Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah hambanya dan rosulnya yang diutus dengan kebenaran sebagai pembawa kabar gembira dan pemberi peringatan mengajak pada kebenaran dengan izinnya dan cahaya penerang bagi ummatnya. Ya Allah curahkan solawat dan salam baginya dan keluarganya yaitu doa dan keselamatan yang berlimpah. Amin ya robbala’lamin
Yang terhormat kepada Ibu H.Yuyun Khoeriyah S,Ag. Dan kepada teman-teman saya yang saya sayangi, dunia dan akherat. Dan terimakasih telah memperkenankan saya untuk berdiri disini, dan berbagi ilmu kapada teman-teman, dan saya akan berbagi pengalaman saya saja ya, pengalamannya itu bersama ibu.
Kenapa sih harus sama ibu ? karena, Ina lebih banyak menghabiskan waktu bersama ibu, dan susah senangnya Ina tuh ya sama ibu.
Temen-temen tahu engga sih ? ketaatan kepada orang tua adalah suatu kewajiban bagi setiap muslim. Al-qur’an dan Hadis sendiri menyebutkan bahwa orang tua adalah orang yang wajib diketahui, wajib ditaati setelah ketaatan kita kepada Allah SWT. Islam memberi keutamaan lebih kepada salah satu dari orang tua kita, ia adalah ibu, ibu adalah seseorang yang mengandung kita selama 9 bulan, menyusui kita selama 2 tahun, dan merawat kita selama seumur hidupnya. Perbandingan antara ibu dan ayah itu 3:1 , dimana itu artinya “ IBU IBU IBU” baru “AYAH”. Jika kedua orang tua kita sama-sama memanggil atau memerintahkan kita, laksanakan terlebih dahulu apa yang diperintahkan ibu. Adapun hadis yang didalamnya itu terkandung bahwasannya kita disuruh untuk berbakti kepada ibu, karena surga itu di bawah kakinya.

“ Dari Mu’wiyah bin Jahimah as-salami bahwasannya Jahimah pernah datang menemui nabi SAW lalu berkata: “Wahai Rosululloh, aku ingin pergi jihad dan sungguh aku datang kepadamu untuk minta pendapatmu.” Beliau berkata “apakah engkau masih punya ibu ?” ia menjawab “iya masih.” Beliau berkata: “hendaklah engkau berbakti kepadanya karena sesungguhnya surga itu di bawah telapak kakinya.” ”
Teman-teman pasti sudah pernah mendengar, bahkan sering mendengar kalimat “Surga Ditelapak Kaki Ibu”. Sebenarnya itu adalah kalimat yang menggambarkan perjalanan seorang ibu yang mengurus anaknya dari dalam kandungan sampai akhir hayatnya. Surda ditelapak kaki ibu itu artinya surga ada diperjalanan ibu mengurus nak-anaknya. Jejak-jejak ibu pada otak anak sejak masa kehamilan, ketika dalam buaian dan pangkuan sampai ia akil baligh.yaitu ketika anak mulai dikenali dosa dan pahala, anak mulai diminta pertanggungjawaban atas segala perbuatannya. Perjalan ibu membesarkan anak merupakan proses perjalanan membangun pikiran anak.
Dengan pemahaman bahwa surga di telapak kaki ibu itu bukan sekedar tuntutan dan hak ibu kepada anaknya. Namun lebih pada kewajiban ibu agar langkah-langkah sejak kehamilan hingga anak akil baligh mampu mengantarkan anaknya ke surga. Wallohua’lam bissowab....
Nah, teman-teman begitu besar perjuangan ibu terhadap kita, begitu besar jasa-jasanya. Apakah kita mampu untuk membalas semua kebaikan yang telah dilakukan ibu kita ? walaupun tak sepenuhnya kita bisa membalasnya, tapi setidaknya kita bisa membahagiakannya walaupun sekejap. Berikut 5 cara membahagiakan ibu :
Dengarlah nasihat ibu
Jangan berbohong
Patuh
Lakukan sesuatu tanpa diminta
Hibur ibu ketika ibu sedang sedih atau cape
Teman-teman mungkin hanya itu saja yang bisa Ina sampaikan, mohon maaf atas semua kekurangannya, karena kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT. Ina ucapkan terima kasih atas perhatiannya.
Wassalamua’laikum Wr. Wb.


0 komentar :

Translate

Instagram

Instagram
© 2011-2014 AJR. Designed by Bloggertheme9. Powered by Blogger.